Kunjungan

Rabu, 16 Juni 2010

Rumah bersih cermin keluarga sehat

    Rumah bersih cerim keluarga sehat

    Rumah dalam pengertian sederhana saya adalah sebuah bangunan dimana di dalamnya terdapat penghuni, ada aktifitas di dalamnya serta tempat sebuah keluarga berkumpul dalam melakukan interaksi keluarga dan tempat anggota keluarga istirahat.

    Rumah sehat dan bersih seperti yang pernah saya sampaikan dalam blog saya ini sangat relevan dengan rumah bersih. Rumah yang dapat dengan nyaman ditempati oleh penghuninya. Lalu apa kaitannya dengan keluarga sehat ?

    Rumah bersih cermin keluarga sehat. Saya pikir kita semua sepakat dengan judul diatas dimana rumah yang bersih adalah cermin sebuah keluarga sehat. Dengan rumah yang bersih tercermin suasana yang sehat, maksudnya adalah dengan rumah yang bersih kita dapat mengurangi faktor resiko untuk terjadinya penyakit yang bersumber dari dalam rumah. Contoh mudahnya, pernahkah anda mendengar ada orang keracunan makanan yang dimakan dari rumahnya sendiri ?

    Intinya adalah disamping nyaman untuk ditinggali, rumah juga merupakan sarana untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Menurut pendapat saya ada 4 bagian dari rumah yang harus kita perhatikan yaitu ;

    1. Ruang keluarga. Ruang keluarga berfungsi sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga. Di ruang inilah segala interaksi anggota keluarga di curahkan.
    2. Kamar tidur. Kamar tidur haruslah senantiasa bersih dari debu dan udara dalam kamar harus selalu bersirkulasi dengan baik. Apalagi kita masih punya bayi.
    3. Dapur. Seperti yang saya sampaikan diatas dapur merupakan hal terpenting untuk menjadi perhatian kita. Dapur merupakan salah satu sumber keracunan makanan dirumah. contohnya : tidak meletakkan makanan mentah berdekatan dengan makanan masak. Baca tulisan saya : peralatan rumah yang dapat membuat ada sakit.
    4. Pekarangan. Pekarangan rumah kaitannya dengan penyakit bersumber binatang seperti nyamuk. Nyamuk akan kabur bila pekarangan kita selalu bersih. 3 M Plus dapat diterapkan untuk pekarangan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar